Awas Rem Belakang Gak Pakem Setelah Kena Banjir

Beberapa wilayah di Indonesia saat ini sudah memasuki musim penghujan. Buat pengguna motor, cuaca seperti ini bisa menimbulkan masalah. Seperti rem belakang tidak pakem setelah lewat banjir. Pastinya, masalah ini bukan cuma bikin kesal. Tetapi juga membahayakan diri sendiri saat berkendara.

P1170597Small

Usut punya usut, rem belakang tidak pakem setelah lewat banjir berasal dari kotoran di sektor master rem bisa tromol ataupun cakram. Hal ini disebabkan korosi. Karat muncul akibat kotoran setelah melibas banjir. Bintik-bintik pada piston master membuat gerak piston tidak bebas. Sehingga rem jadi seperti menekan busa atau bisa kebalikannya, keras.

“Pengecekan dilakukan seputar master rem hingga kaliper. Bisa dimulai dengan membersihkan piston master rem menggunakan bensin. Setelah itu bisa lanjutkan dengan mengganti sil master rem dan minyak remnya sekalian,” ucap Anang Jumarli, Mekanik dealer Honda Festival di Perumnas II, Tangerang, Banten.

Cara-Mudah-Mengganti-Kampas-Rem-Belakang-Motor

Biaya servis komponen rem ini tergantung pada part yang rusak. Misal, sil master rem jebol. Brother kudu siapin deh kocek tambahan Rp 15-25 ribu untuk beli penggantinya. Sedangkan minyak rem baru, bisa ditebus Rp 10-20 ribu tergantung mereknya.

Jadi jangan panik dulu kalau rem belakang tidak pakem setelah lewat banjir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *