Bro Arantan Kecewa pada Respiro dan jaket Respiro ROF 2

Pertengahan September 2012 saya membeli jaket respiro ROF 2 melalui jalur Facebook resmi Respiro. Menurut promo di facebook jaket ROF 2 ini disebutkanwaterproof + windproof.

Sebelum memutuskan beli jaket ROF ini, saya juga sudah menanyakan untuk memastikan soal waterproof melalui SMS ke CP yang ditunjuk.

Duit transfer, barang kirim.

Barang cepat dikirim dan cepat pula sampai ke rumah.

Hari-hari selanjutnya saya menggunakan jaket Respiro ROF 2 ini untuk pulang pergi dari rumah ke kantor, jaraknya pendek saja, 15 km. Selama 2 minggu sejak dibeli kondisi cuaca di Jakarta sedang panas-panasnya. Jadi saya belum mencoba soal waterproof ini.

Sampai kemarin 3 Oktober 2012 waktu pulang dari kantor. Ketika keluar dari kantor di Plaza Mandiri, cuaca mulai gerimis, dalam kondisi gerimis tersebut saya mengeluarkan celana bermerk AGV, sedangkan atasan tetap menggunakan ROF 2. Dalam keadaan hujan ringan pun jaket ROF 2 ini tidak mampu menahan hujan. Air saya rasakan masuk tanpa tertahan. Ketika hujan yang tidak sampai deras pun, jaket ROF 2 ini sama sekali tidak memberikan proteksi. Air bisa masuk dari seluruh bagian jaket.

Lucunya air yang masuk tidak bisa keluar dari jaket. Waktu tangan saya turunkan dari stang, air keluar dengan deras seperti botol aqua dituang dari pergelangan tangan.

Sampai ke rumah, baju hem sampai dalaman sudah basah total. Baju saya yang tadinya berwarna terang seluruhnya sudah jadi warna gelap. Baju juga sudah menempel seluruhnya ke badan.

Saya tentunya complain dan menanyakan lagi ke CP nya. Katanya waterproof?

Waterproof adalah suatu kondisi dimana suatu benda tahan air atau mampu menahan air/tidak dapat ditembus air. Tidak ada waterproof 5%, 10% dan lain sebagainya. Kalau masih 5% 10% dan lain sebagainya, berarti jaket tersebut bukan waterproof. Hampir sama dengan mahluk hidup, mati atau hidup, tidak ada 5% mati, 10% mati, mati atau tidak? Begitu saja.

Lagi pula sejak pemesananan kondisi berapa persen tersebut tidak pernah dijelaskan. Alasan utama saya membeli jaket ini adalah saya mencari dan membeli 1 jaket yang bisa dipergunakan dalam segala cuaca, tapi ternyata si jaket tidak mampu membuktikan performa sesuai dengan yang dijanjikan.

Karena itu saya meminta Respiro untuk:

  1. Mengembalikan uang saya, 800 ribu untuk jaket + 60 ribu untuk biaya pengiriman dari Jogja ke Jakarta. Jaket ambil saja, saya sudah tidak mau menggunakannya lagi
  2. Menyesuaikan informasi di materi komunikasi dengan menghapus seluruh tulisan waterproof pada jaket yang non waterproof
  3. Meminta maaf secara terbuka atas kesalahan informasi yang di keluarkan oleh Respiro melalui jalur publik: Website dan Facebook.Sumber :# http://arantan.wordpress.com

#### Tanggapan Respiro ######

Mas Saranto,
Terima kasih buat feedbacknya atas produk kami jaket ROF S2, terima kasih sudah kirim pesan ke FB saya dan mohon maaf saya baru membalasnya sekarang karena baru balik dari surabaya tadi malem.

kita hanya punya 1 official web http://www.respiro-ridingware.com dan 1 official brand page kita di facebook http://www.facebook.com/ridingware. Di luar ini ada authorised online store kita yg kita juga sebutkan di web. akan tetapi banyak temen temen yg juga menjual lewat FB masing masing yg membuat kita juga agak susah mengontrol informasi yg terjadi. sekali lagi saya sebagai pemilik brand mohon maaf buat mas saranto atas ketidaknyamanannya.

saya akan coba klarifikasi sedikit tentang jaket ROF S2 ini.
Jaket ini pada awalnya di desain buat team ROF karena sebelumnya kita juga membuatkan jaket ROF S1 buat ROF stage 1. Jadi memang didesain buat adventure touring terutama pada tropical country kayak negara kita. jaket ini bukan waterproof jaket walaupun menggunakan material yg waterproof karena buat tropical country seperti indonesia kita perlu banyak ventilasi dan exhaust yg memungkinkan sirkulasi udara terjadi dalam tubuh sehingga mengurangi “overheated” dalam tubuh. karena didesain buat tropical, maka kalo masa saranto lihat, banyak sekali ventilasi yg ada pada jaket tsb. di tangan kanan kiri sepanjang lengan, dipundak dan exhaust di punggung, sehingga tidak mungkin jaket ini waterproof jaket walaupun menggunakan material waterproof.
Saat proses pembuatan jaket ini buat ROF team, kita sudah 4 kali melakukan perubahan desain guna memenuhi expektasi team ROF sebelum jaket ini resmi dipakai expedisi. Setelah semuanya final dan okay menurut team ROF, kita melakukan proses produksi masal buat keperluan team ROF dan keperluan komersial lainnya. Di detik detik terkahir menjelang expedisi, ROF memutuskan untuk mengganti jaket mereka dgn RS Taichi tanpa memberitahukan ke kita alasannya hingga detik ini saya memberikan tanggapan di blog ini. Karena kita yakin atas desain dan produk kita, kita tetep produksi masal dan jual produk ini dgn nama ROF S2.

Mas Saranto, kita dalam hal ini respiro tahu banget apa dan bagaimana jaket waterproof dan windproof itu dibuat karena itu ilmu yg saya tekunin di 10 thn terakhir ini saya mendalami “waterproof, windproof dan breathable fabric Technology” dan “waterproof, windproof and breatable jacket.

Back to the topic:
ROF S2 didesain bukan buat waterproof jacket karena memang banyak opening area yg sengaja di desain buat masuknya udara ke dalam tubuh, sehingga kalo dipakai hujan hujanan pasti air akan masuk dengan segera karena banyak “opening area” di jaket ini yg tidak memungkinkan menjadikan jaket ini jaket waterproof.
jaket ini kita desain buat adventure riding for tropical country. Selain itu di official web dan page kami di facebook, kami tidak pernah sekalipun menyebut kalo ROF S2 ini waterproof jaket karena saya tahu dengan sangat apa dan bagaimana jaket waterproof itu di buat dan untuk tujuan apa jaket ROF S2 ini di desain.

saya mohon maaf atas ketidaknyamanan mas saranto dan kitidakjelasan informasi yg di sampaikan resaler produk kita sehingga membuat mas saranto kecewa.

saya akan coba cek dgn resalernya dan saya akan kontak mas saranto kembali nanti. Terima kasih

Salam,
Arif  ( RESPIRO )

====== Komentar Jawaban Mas Saranto =======

 

Mas Yundha, Mas Arief, terimakasih atas follow up nya dari Respiro team. Bisa saya infokan kalau permasalahan saat ini sudah selesai.

Terimakasih sebelumnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *