Cara Merawat/Service Motor Setelah Banjir

mogokHujan yang mengguyur deras di Indonesia bulan Desember sering berbuah banjir. Jika itu terjadi dan sepeda motor kita terendam, ada beberapa cara yang wajib dilakukan akan kendaraan itu tak rusak parah.

“Jika pemilik motor memiliki pengetahuan dan keterampilan bongkar pasang mesin dilakukan sendiri tak masalah. Tapi kalau tidak, jangan berspekulasi, sebaiknya di bawa ke bengkel,” tutur Supriyanto, Kepala Mekanik Subur Jaya Motor, Batu Ceper, Tangerang, kepada detikOto, kemarin.

Menurutnya ada beberapa langkah bongkar pasang mesin motor yang harus dilakukan untuk mengembalikan kondisi motor seperti sediakala. Apa saja? Berikut penjelasan Supriyanto:

1. Buka mesin

11092011003Langkah pertama, bukalah bak oli, bak kopling, blok silinder berikut kepala silinder, dan jika motor Anda masih menggunakan karburator, buka juga karburator.

20101125SkywaveKampas_LeadSedangkan jika motor matik, pastikan komponen di bak CVT tak terendam air. Bersihkan semua bagian tersebut, dan komponen yang berbahan logam sebaiknya direndam dengan bensin.

2. Ganti oli mesin

servisgdnGantilah oli mesin motor. Hal itu untuk menghindari kemungkinan oli lama telah tercampur air sehingga  membuat komponen mesin aus.

3. Periksa sistem kelistrikan

Bagian lainnya yang wajib diperiksa dan dibersihkan adalah sistem kelistrikan.

DSCF2321_smallBagian yang perlu dicermati antara lain sakelar, konektor kabel, spul, motor starter, dan fitting maupun kabel lampu.

Bersihkan dan keringkan bagian-bagian itu. Bila perlu keringkan dengan compressor atau bila tidak memiliki kompresor bisa menggunakan pengering rambut atau menjemurnya.

4. Bersihkan dan keringkan kanvas rem

Saat melibas genangan air, kanvas rem basah. Hal itu menjadikannya mengembang, sehingga rem mengunci.

20120214skywaveJika itu terjadi, bukan hanya laju motor menjadi seret, tetapi juga rem terkunci. Akibatnya bisa fatal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *