Musim Banjir, Waspada Posisi Aki Saat Menerobos Genangan Air dan Banjir

1712banjir_cileuncang
Pada musim hujan dengan intensitas tinggi seperti saat ini, genangan hingga banjir muncul di sejumlah wilayah. Aktivitas pun terganggu, dan kadang kala memunculkan rasa tidak sabar untuk menerabas genangan karena dirasa masih memungkinkan.

Namun perlu diwaspadai, khususnya bagi para pengguna sepeda motor, terutama skutik. Beberapa sepeda motor didesain dengan posisi aki di bawah. Dengan begitu, bisa saja aki tersebut ikut kebasahan saat motor dibawa melibas genangan.

18357-W500
“Lihat motornya. Kalau tingginya sudah di dek, (aki motor letaknya di seputaran dek) jangan nekat lewatin genangan. Aki bisa korslet, dan langsung soak,” ujar mekanik motor di bilangan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Untuk itu, ketahuilah posisi aki di sepeda motor Anda. Posisinya tidak jauh dari area bagasi. Ada yang persis di samping bagasi, ada pula yang di bagian tulang depan sepeda motor.

Sebagai gambaran, produk Honda seperti Beat dan Suzuki seperti Hayatte menempatkan perangkat penyuplai listrik itu di dekat lantai pijakan sehingga lebih rentan terhadap genangan tinggi.

Namun, tidak demikian dengan Honda Vario 125 seperti Techno. Posisi aki untuk skutik ini cukup tinggi, yakni di dekat lampu depan, atau Yamaha Mio yang berada di area bagasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *