Tips Mengendarai Motor Atau Touring Hingga Ke Negeri Seberang

touring jauhMengendarai motor lintas berbagai negara bisa jadi pilihan wisata saat ini. Namun ada prosedur yang mesti kita siapkan. Apa saja dan bagaimana cara menyiapkan dokumen perjalanannya?

Jeffrey Polnaja dan Mario Iroth adalah salah satu bikers dari Indonesia yang gemar melakukan perjalanan lintas negara. Perjalanan mereka dengan sepeda motor ini telah melewati berbagai medan perjalanan dan mencatat ribuan kilometer.

Pengalaman mereka sepanjang perjalanan sarat dengan cerita menarik. Mulai kesiapan mengurusi sejumlah dokumen perjalanan, menghadapi kerusakan kendaraan, hingga masalah adaptasi dengan cuaca. Kisah perjalanan mereka pun membuat decak kagum banyak orang. Sebuah pengalaman hidup yang tidak terlupakan.

Prosedur mengurusi dokumen izin masuk kendaraan ke sebuah negara telah memang diatur secara internasional. Namun, beberapa negara memberlakukan prosedural yang berbeda.

Isi formulir Custom Clearence dari petugas pabean dan siapkan pas foto. Biasanya mereka akan mengecek nomor rangka dan mesin.Kemudian akan dicocokkan dengan dokumen kendaraan. Petugas akan memeriksa semua barang bawaan dalam boks motor Anda. Jika membawa pisau lipat, usahakan disimpan dalam boks perkakas perbengkelan. Dokumen CPD dan STNK sebaiknya tercantum atas nama pengendara. Pastikan ijin melintas atau visa telah dikeluarkan oleh kantor imigrasi setempat. Kecuali untuk wilayah ASEAN.

Nah, Anda bisa melakukan hal yang sama seperti petualangan Jeffrey Polnaja dan Mario Iroth. Berikut sejumlah dokumen penting yang mesti disiapkan sebelum melakukan perjalanan bermotor.

Memiliki Paspor

Mengurusi paspor saat ini mudah dan murah. Siapkan dokumen seperti Surat Akta Kelahiran (SAK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online. Biaya untuk membuat atau memperpanjang paspor hanya Rp 355 ribu.

Menyiapkan SIM Internasional

Siapkan paspor, SIM Indonesia yang berlaku, KTP, tiga lembar foto 4×6 berlatar warna biru, materai Rp 6.000. Setelah berkas siap, Anda bisa mengurusinya secara langsung ke Korps Lalu Lintas Polri Bid Redigent Subbid Pengemudi bagian pelayanan SIM Internasional di Jakarta. Biaya administrasi SIM Internasional baru sebesar Rp 250 ribu. Sedangkan untuk perpanjangan dikenai biaya sebesar Rp 225 ribu. SIM Internasional ini berlaku selama tiga tahun.

Memiliki Carnet de Passage (CPD)

Mengurusi CPD bisa menghubungi kantor Ikatan Motor Indonesia (IMI). CPD sangat penting sebagai identitas kendaraan Anda dan diterima di negara lain. CPD semacam surat jaminan bahwa kendaraan yang kita masukkan ke sebuah negara tidak untuk dijual. Caranya, cukup membawa Surat tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan SIM Internasional. Termasuk membayar biaya administrasi sebagai uang jaminan senilai 25% dari nilai faktur kendaraan.

Asuransi Kendaraan dan Perjalanan

Jaminan jika kendaraan Anda terjadi kerusakan parah atau hilang saat dalam perjalanan. Termasuk diri Anda.

Buat Sobat Respiro yang belum tau Mario Iroth sebagai Brand Ambasador Respiro memakai Jaket Touring Respiro Velocity R3 dan Juga Celana Touring Respiro Velocity R3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *