Tips/Cara Manjur Usir Bau Pada Helm

bagian-belakangHelm merupakan salah satu perangkat yang wajib digunakan para pengendara motor. Terbilang wajib, karena helm berfungsi memberikan perlindungan terhadap kepala dengan pertimbangan keamanan dari benda jatuh atau saat melesat di kecepatan tinggi.

Karena mobilitas masyarakat yang tinggi, helm akhirnya akrab digunakan sehari-hari untuk wara-wiri beraktivitas. Namun, banyak di antara pemilik helm yang mengabaikan kebersihan alias jorok.

Sebab, banyak helm yang meski telah kena terpaan panas, debu, hujan dan keringat, tapi jarang dicuci. Atau bahkan tidak sama sekali. Alhasil, bau tidak sedap pun muncul dari dalam helm.

Berikut beberapa tips dan langkah-langkah membersihkan helm yang bisa dilakukan satu minggu sekali atau minimal satu bulan sekali :

1. Bila helm tak digunakan, sebaiknya buka kaca penutup, terutama helm jenis full face. Sebab, bila dibiarkan tertutup, udara pengap dan bau bekas keringat bakal terus terperangkap di dalam helm.

Bau menyengat juga akan timbul bila tak tersentuh sinar matahari dalam waktu lama. Hawa panas dalam helm akan mengendap pada lapisan busa dan inilah yang menyebabkan bau tak sedap.

2. Saat menyimpan helm, pastikan fungsi ventilasi agar tetap terbuka, sehingga ada sirkulasi udara yang baik. Dengan begitu, bau sisa keringat akan bersirkulasi dan bisa keluar karena menguap.

3. Jika Anda baru saja melakukan perjalanan jauh, jemurlah helm di teriknya matahari. Aktivitas ini bisa dilakukan setiap satu pekan sekali. Pastikan pula helm dijemur dengan posisi terbalik, dengan kaca dan ventilasi yang seluruhnya terbuka. Karena, sinar ultra violet matahari disebut mampu menetralisir bau keringat.

4. Berikan wangi-wangian ketika helm tak digunakan, misalnya kapur barus. Anda juga perlu hati-hati bila menggunakan minyak wangi. Pilihlah yang mengandung kadar alkohol rendah.

Andai terpaksa menggunakan minyak wangi berkadar alkohol tinggi, jangan terlalu banyak. Sebab, busa helm cepat mengering serta kisut bila sering terkena alkohol.

5. Baluti bagian luar helm dengan pasta pengkilap. Selain untuk menjaga warna, debu juga tidak akan mudah menempel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *